ESL SEA Championship Siap Gelar Turnamen Dota 2 Tier 2 di Asia Tenggara

ESL SEA Championship Siap Gelar Turnamen Dota 2 Tier 2 di Asia Tenggara

Game Online Dota 2 - ESL SEA Championship menjadi sebagai turnamen Dota 2 terbaru tingkat regional untuk tim-tim tier 2. Tujuan diselenggarakannya acara ini sebagai platform pengembangan bagi tim Dota 2 potensial  yang ada di wilayah Asia Tenggara. Ini beriringan dengan rencana Valve menggunakan format liga untuk DPC musim depan.

Ya, sebelumnya Valve telah mengungkap adanya perubahan besar yang akan terjadi pada musim 2020-2021. Mereka ingin tim tier 2 lebih terlibat dalam kompetisi utama dan memiliki peluang lolos ke Minor maupun Major. Akan ada sistem promosi dan degradasi dari dua tabel liga yang juga sekaligus menjadi kualifikasi regional.

DIlansir dari vpesports, ESL sendiri juga ingin menekankan konsep zero-to-Hero dengan mengadakan turnamen Dota 2 SEA Championship. Nantinya delapan tim dari tier 2 akan bersaing memperebutkan hadiah sebesar $20.000. Ditambah dengan satu tiket ke kualifikasi tertutup wilayah Asia Tenggara untuk acara ESL One Birmingham 2020.

Nick Vanzetti selaku Wakil Presiden Senior APAC Jepang mengatakan bahwa ini adalah langkah awal yang baik pada 2020. “Gagasan zero-to-Hero selalu menjadi aspek yang sangat penting bagi kami. Senang dapat memiliki hubungan langsung antara produk regional dan global kami,” kata Nick Vanzetti.

ESL SEA Championship Siap Gelar Turnamen Dota 2 Tier 2 di Asia Tenggara

“Ini menjadi awal yang baik untuk tahun 2020 dan kami akan terus membuat jalan menuju kompetisi pro seselektif mungkin,” katanya dalam siaran pers resmi. Kompetisi Permainan Online

ESL mengangkat keluhan dari tim-tim yang sulit berkembang di tier 2. Mereka umumnya tidak mampu bersaing menuju turnamen besar karena kualifikasi yang sangat ketat. Diperlukan platform yang tepat agar tim-tim tersebut dapat menunjukkan potensi mereka dan bisa tampil di acara utama. Dan untuk tim-tim ini adalah kesempatan, jadi kami datang dengan produk yang bisa mengatasi masalah tersebut,” kata Kepala Produk ESL Asia, Michael Kiefer.

“ESL SEA Championship akan memberikan jalur langsung ke kualifikasi tertutup ESL One Birmingham 2020. Tentu ini memberikan peluang tambahan dan dukungan keuangan untuk tim. Sementara bagi penggemar, turnamen ini juga menawarkan alur yang lebih menarik untuk diikuti.”

Baca Juga:  BOOM Esports Semakin Termotivasi Usai Mendapat Julukan "Juara Mall" 

ESL SEA Championship Siap Gelar Turnamen Dota 2 Tier 2 di Asia Tenggara

Ini bukan upaya pertama ESL untuk mengembangkan tingkat kompetitif dari para pemain Dota 2 di tier 2. Sebelumnya mereka sempat bekerja sama dengan DotaBuff untuk membuat Reach. Mereka mengklaim Reach dapat menjadi platform bagi para pemain amatir untuk menemukan jalan mereka menuju tim profesional.

Hadiah ESL SEA Championship ini memang tidak sebesar kebanyakan acara-acara tier satu. Kendati demikian, ini tetap jadi ajang yang kompetitif karena delapan tim juga akan bersaing memperebutkan slot kualifikasi tertutup ESL One Birmingham.

Harus diakui bahwa sangat jarang ditemukan turnamen tier 2 yang menawarkan hadiah tinggi. Alasannya karena para sponsor lebih memilih untuk ‘mejeng’ di turnamen-turnamen kelas atas. Namun berkat ESL, para pemain Dota 2 di Asia Tenggara sekarang memiliki motivasi baru.

ESL SEA Championship Siap Gelar Turnamen Dota 2 Tier 2 di Asia Tenggara

Sejauh ini format turnamen sudah dipublikasikan. Delapan tim akan bertanding dengan empat di antaranya adalah tim yang diundang langsung oleh ESL. Empat lainnya akan saling berebut tempat melalui kualifikasi terbuka.

Kualifikasi dibagi menjadi dua set yang akan berlangsung secara bertahap. Tahap pertama dimulai pada 29 Februari dan berakhir pada 1 Maret mendatang. Dilanjutkan dengan tahap kedua mulai tanggal 2 hingga 4 Maret. Kualifikasi terbuka bisa diikuti oleh siapa saja yang ingin mendaftar. Dapatkan info lebih lanjutnya di tautan ini.

Penyisihan grup menggunakan format GSL. Tim terbaik dari masing-masing grup akan maju ke tahap playoff, sedangkan dua terbawah tereliminasi. Hanya ada satu tempat dari bracket eliminasi tunggal menuju kualifikasi ESL One Birmingham. Adapun semua pertandingan turnamen Dota 2 ESL SEA Championship ini dapat disaksikan di seluruh saluran resmi ESL. Dunia Game Online

Posting Komentar

0 Komentar

https://peminatesport.blogspot.com/